Selasa, 09 Juni 2015

Flat Foot (2)

Kalau ada yang pernah baca tentang postingan saya terdahulu mengenai flat foot (link disini) mungkin masih ingat bila flat foot bisa diobati dengan penanganan yang tepat. Tak ada ciri khusus anak yang memiliki flat foot/kaki datar. Hanya saja anak menjadi gampang lelah walau hanya jalan-jalan ke mall.

Di Indonesia mungkin hanya produk dari dr Kong yang bisa mengatasi anak-anak atau orang dewasa yang memiliki kaki datar. Dr Kong biasanya ada di pusat perbelanjaan Ace Hardware. Ada konsultasi gratis melalui pemeriksaan kaki dengan alat podometer sehingga kita bisa memilih kira-kira produk mana yang cocok kita gunakan. Hehe.. saya sedang tidak berpromosi ya. Hanya sharing pengalaman saja..:)

Tipe-tipe flat foot

Perincian gambar:
Universal III adalah kaki normal
Universal II adalah tipe flat foot tingkat rendah
Universal I adalah flat foot tingkat medium
Universal Plus adalah flat foot tingkat tinggi
Universal flat foot adalah flat foot yang paling parah ( ada tulang pada alas kaki yang menonjol keluar)  

Produknya mulai dari sepatu khusus dengan berbagai size hingga insole atau alas kaki yang memiliki bantalan khusus sehingga pemakai tidak cepat lelah. Untuk sepatu khusus harganya lumayan "mehong" berkisar antara 800 ribuan sampai jutaan. Sempat gemas pengen beli karena sepatunya enak banget di pake. Tapi..ya..emaknya ngalah dulu, karena yang kaki datar kan anaknya..hehehe

Setelah diperiksa, akhirnya Almer menggunakan insole blk 35 seharga Rp 219 ribu (Pada gambar: Universal 1). Untuk perawatan cukup dilap dengan kain basah. Kalau saya sih prefer tissue basah yang antiseptic, membunuh kuman sekaligus menghilangkan bau yang tidak sedap.

Insole ini bisa dibongkar pasang. Sebelum dimasukkan ke dalam sepatu, lepaskan dahulu insole yang lama, jangan dipakai double ya. Nanti efek nya gak berasa. Gunakan 3-4 jam pada pemakaian awal sampai merasa nyaman. 


Yang jadi masalah anakku kan sekolah alam, so..jarang banget pakai sepatu. Sehari-hari menggunakan sandal crocs yang praktis. Masuk kelas pun alas kaki dilepas. Setelah dipaksa finally Almer mau juga pakai sepatu ke sekolah. Emang nyaman banget di pakenya, karena bantalannya lebih tebal dibandingkan dengan insole pada sepatu biasa. 

Kalau ditanya, berbahaya gak sih anak yang flat foot? Karena saya mengalami sendiri anak yang flat foot (Almer memiliki 12 jahitan didahi karena sering jatuh), so saya dengan tegas mengatakan...berbahaya.! Makanya harus diantisipasi semenjak dini. Salah satunya anak diusia balita jangan sering-sering dipakaikan sepatu, sekali-kali nyeker di jalanan aspal atau tanah selama tidak ada paku atau beling, fine-fine aja kok. Coba lihat, anak kampung jarang yang flat foot kan? Main kelereng, main di sawah sampai pergi sekolah kadang-kadang tidak pakai sepatu atau sandal sama sekali.

Dibandingkan dengan abangnya, Naarah cenderung lebih "preman". Lari-lari di jalan tanpa alas kaki atau di lapangan tenis dekat rumah sering dia lakukan. Memang sih, umurnya belum genap 4 tahun. Dan untuk kaki masih dalam tahap pertumbuhan. Masih ada gumpalan lemak yang belum hilang, tetapi karena masih balita, so hal ini tidak perlu di khawatirkan. Kita ikuti saja perkembangannya sampai 2 tahun ke depan. Biasanya masuk SD bantalan lemak pada telapak kaki akan menghilang. 

Kalau sudah begini semboyan "mencegah labih baik daripada mengobati" benar-benar berarti..



23 komentar:

  1. Iya, ya. Bahkan nyeker itu juga sehat katanya. Banyak juga yang latihan olahraga dengan nyeker.

    Semoga anak-anaknya sehat ya Mak :)

    BalasHapus
  2. Anak-anakku sering nyeker. Kata orang2 yang lihat "eh nggak kasian kakinya sakit ntar kena batu". Ternyata nyeker ada manfaatnya bagi balita.
    TFS ya Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Itu kebiasaan "jadul" yg patut ditiru..:)

      Hapus
  3. saya baru tahu flat foot dipengaruhi kebiasaan kecil mak.. dulu smp pernah punya teman yg flat foot (ketauannya pas praktikum biologi, disuruh napakin kaki yg basah ke lantai supaya ada cap kakinya, tentang materi apa saya lupa). di kelas cuma dia sendiri yang flat foot. badannya memang besar sekali sih, jadi saya pikir flat foot terjadi karena berat badan. guru bilang bisa juga faktor genetika. ternyata kebiasaan waktu kecil juga bisa ya mak...

    tfs mak lily.. sangat bermanfaat. semoga ananda2 sehat selalu, aamiin. saya yakin flat foot takkan menghalangi almer jadi anak yg membanggakan kedua orang tua, insya Allah. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya..kegemukan akan membuat kaki bekerja lebih berat untuk menopang tubuh. Anak yg flat foot harus diperhatikan supaya jgn sampai kelebihan berat badan. Krn akan menyebabkan radang sendi dan nyeri. Makasih mak..Alhamdulillah kondisinya skrg jauh lebih baik.

      Hapus
  4. Jadi kepingin tahu, flat foot itu memang karena sering menggunakan sepatu atau apa? Fira aku bebasin enggak pake apapun ketika aku titah, Faiz juga...aku perhatikan deech..hihii tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak faktor mak..bisa genetis bisa juga kebiasaan dari kecil. Sesekali gak apa2 kok anak gak pake alas kaki..:)

      Hapus
  5. hoooh ternyataaa begituuu.. kakiku begitu maks.. cuma tak kusadari...
    baru nyadar pas udah remaja,mulai centil nyari flatshoes unyu2 ..
    setelah lama lagi baru sadar kok kakiku lebar...
    ga kayak orang-orang..
    jadinya jarang beli flatshoes yg unyu ituuuu
    karna flathoesnya jadi cepet rusak,,melebar kemana2

    skrg pakai sneaker aja :(
    thx for sharing..

    btw mampir ke blog ku ya maks http://mutheas.blogspot.com
    thx before

    BalasHapus
  6. ooh baru tau nih, dulu muridku juga pakai sepatu khusus karena masalah ini, tapi gak berani nanya sama ortunya, makasih sharingnya mbak :)

    BalasHapus
  7. Kalau flat foot terjadi pada orang dewasa bagaimana mba? apa harus ditangani? tetapi saya tidak memiliki keluhan sama sekali. Lalu apabila tidak ditangani apa ada efek sampingnya nanti? jika ada apa efek sampingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh..sy bukan dr ya. Hehe. Tapi gak apa, sy jwb sebisanya. Flat foot yg dialami mas Gian mungkin msh dikategorikan ringan, selama tidak ada keluhan, fine-fine aja. Yg jelas org flat foot gampang capek kalo jalan, apalagi kalo dibawa hiking. Bisa saja menggunakan sepatu khusus spy tdk bertambah parah.

      Hapus
  8. mbak mau tanya dong, insolenya itu beli dimana ya? apabisa dicoba dulu untuk disesuaikan dengan kaki? kebetulan saya juga flatfoot susah nyari insolenya, saya pake strutz tp cepat rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli di Ace Hardware, tapi biasanya indent dulu, kita tinggalin no hp. ntar di hubungi.

      Hapus
  9. Anakku flat foot tp blm liat sudah tahap yg mana, tiap mau beli sepatu cari yg muat dan pas susah apa lagi punggung kakinya juga besar kadang panjangnya pas tp punggung kaki ga bisa masuk akhirnya nyari yg nomornya lebih besar.. Itu masuk kategori yg mana yah

    BalasHapus
  10. Halo salam kenal.. Anak saya 18 bln flatfoot. Dia bisa jalan tp lebih sering memilih merangkak :(
    Apakah bayi 18bln sudah bisa dipakaikan insole khusus? Atau harus konsultasi dokter dulu? Kalau dari pengalaman moms bisa disembuhkan ga ya? Terimakasih atas sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 18bln Pembntukan tendon,ligament blm bgtu kuat mbak,biasany anak ketahuan flat/tidak saat umur 5 tahun
      Kalo lebih sering merangkak sering2 di stimulus aja kaki ny,mungkin dia takut pernah jatuh
      Flat foot bisa di sembuhkan kalo rutin pakai insole/sepatu motion khusus flat footnya

      Hapus
  11. Hai mba, anakku usia 2y4m juga flatfoot, baru tau pas di bw ke dokter karena jalannya suka jinjit terus. Lagi nyari2 sepatu buat dia nemu tulisan ini dan sangat terbantu dgn tulisan ini. Mau nanya dong sampe kapan pake insole itu?

    BalasHapus
  12. Mlm mom,ank saya usia 3thn dan sdh saya cek k acr hardware kakinya flat shoes,sama sodara d kasih tau harus pke insole dr kong,saya cek u/ank usia 3th dgn panjang kaki 26cm tdk ada,min insole dr kong 30,ada alternatif laen pa gak ya moms slain merk dr kong???soalnya ank saya sering jatuh.tq

    BalasHapus
  13. Bu,anak saya laki2 usia 18 th,flat foot juga,dimana saya bisa beli/ pesan sepatunya yg tidak mehong ya..?

    BalasHapus
  14. Bu,anak saya laki2 usia 18 th,flat foot juga,dimana saya bisa beli/ pesan sepatunya yg tidak mehong ya..?

    BalasHapus