Selasa, 07 Oktober 2014

Kuliner Palembang

Selain pempek ada banyak kuliner khas Palembang. Ada mie celor, tekwan, model, maksuba, srikaya, pindang patin, kue 8 jam, pempek panggang, pempek lenggang, es kacang merah, dsbnya. Rasa kangen akan kota kelahiran langsung terobati dengan menikmati sajian ini. Mmm..bikin ngiler deh.

Es Kacang Merah



 Es kacang merah adalah campuran dari rebusan kacang merah, susu , santan dan  sirup merah. Lain tempat lain rasanya lho. Santan membuat es semakin gurih dan penambahan air rebusan kacang merah membuat cita rasanya semakin legit. Yummy..

 
Pempek Panggang
 Siapa yang tidak suka dengan pempek yg satu ini? Adonannya hampir sama dengan pempek biasa, hanya memasaknya dengan cara dipanggang. Tak lupa dengan isinya yaitu ebi kering yg disangrai dan kecap manis. Yang suka pedas tinggal tambahkan saja cabe rawit giling.


Srikaya
 Makanan yg super manis ini adalah campuran dari telur, santan dan gula. Warna hijau didapat dari perasan daun pandan atau pasta pandan. Tambahkan sedikit maizena supaya lebih kental, lalu kukus.


Wajik
Di Palembang jajanan ini dikenal dengan wajik. Membuatnya relatif mudah. Terbuat dari campuran beras ketan dan gula merah lalu di kukus.


Mie Celor
Kuahnya nan lezat terbuat dari campuran santan, bumbu-bumbu dan kaldu udang. Ada 2 varian, mie celor bening atau mie celor bersantan.

Pempek lenggang terbuat dari tenggiri atau gabus , kemudian dibentuk orak arik. Bila hendak disantap campurkan dengan telor bebek lalu dipanggang dengan menggunakan daun pisang.
Yuk..berburu kuliner khas Palembang..

 Pempek Lenggang






0 komentar:

Posting Komentar