Minggu, 25 Januari 2015

Belajar Dari Supplier

Saya dulu terbilang nekat ketika memutuskan untuk menekuni bisnis kuliner. Muncul masalah belakangan. Go action dulu. Yang penting sudah yakin 100% mau jual apa. Siapa yang diajak untuk berkolaborasi dan apa saja menu yang akan dijual.

Awalnya jual buah durian. Olahannya hanya ketan durian dan serabi durian. Untuk "meramaikan" outlet, ditambahlah dengan camilan seperti kerupuk, bagelen bandung, keripik pisang, keripik singkong dll. Semua produk di dapat dari supplier yang berdomisili di Lampung dan Bandung.

Untuk makanan kering dari supplier tidak ada masalah. Toh saya hanya membayar berapa produk yang terjual. Sisanya bisa dikembalikan sampai batas kadaluarsa. Bagaimana dengan buah durian yang tidak laku sementara kulitnya sudah pecah?. Pelanggan kebanyakan menolak untuk membeli durian yang sudah pecah. Untuk mencegah supaya tidak masam, buah durian dibuka dan diambil dagingnya lalu disimpan di freezer yang akan digunakan untuk pembuatan olahan dari durian.

Jangan ditanya berapa kerugian yang saya telan akibat kecerobohan dan ketidaktahuan saya. Tetapi di balik keawaman itulah yang membuat saya survive sampai saat ini. Dibalik kebodohan sayalah akhirnya saya memutuskan untuk lebih memperbanyak varian olahan durian. Bagaimana caranya? Belajarlah dari supplier.

Saya pernah bekerjasama dengan salah satu supplier pancake durian. Dengan sistem konsinyasi dia menitipkan pancake durian. Respon dari penggemar durian sangat baik. Pesan 50 pcs pancake langsung habis dalam jangka waktu 2 hari. 

Saya mulai merencanakan untuk memproduksi pancake durian. Istilahnya mengamati, meniru dan memodifikasi.  Bahkan saya sempat bertanya dengan ibu Sisca Soewitomo, seorang ahli kuliner Indonesia via telpon dan email. Kebetulan sekali pernah bertemu beliau pada acara klub NOVA. 

Bersama ibu Sisca Soewitomo


Sempat jengkel karena gagal terus. Saya memang awam untuk urusan dapur. Disela-sela kesibukan mengurus anak saya terus mencoba-coba lagi. Butuh waktu 3 bulan untuk menghasilkan kulit pancake yang tipis dan tidak mudah robek. Dan inilah penampakan pancake durian nya.  Isinya asli daging durian tanpa penambahan krim. Bisa dinikmati langsung atau dihangatkan terlebih dahulu.

Pancake durian



Alhamdulillah..bisa memproduksi sendiri tanpa tergantung lagi dengan supplier. Saat ini melayani pengiriman se-jadetabek via kurir makanan.

0 komentar:

Posting Komentar