Minggu, 07 Desember 2014

Pelupa

Pelupa sering dihubungkan dengan orang tua. Tapi apakah anak usia 8 tahun suka pelupa bisa dikatakan anak tesebut pikun?. Lupa dimana meletakkan pulpen, buku, dll. Jujur saja, saya benar-benar bingung ketika Almer sering mengatakan "lupa ma". Masih muda kok sudah pikun? 

 Ternyata anak seumur itu belum bisa dikategorikan 'pikun'. Kealpaan anak seusianya bisa dikatakan karena anak sulit untuk memusatkan konsentrasi mereka. Ini sering dijumpai pada anak-anak yang suka melamun, kurang aktif dan ditemukan juga pada anak-anak yang sering bermain dengan gadget alias main games. Nah lho..
ilustrasi : doc.pribadi
 Punya anak yang pelupa?. Sering-seringlah untuk tidak selalu membantu mereka. Maksudnya kita selaku orang tua tak perlu banyak membantu untuk hal-hal yang sepele. Biarkan saja mereka melakukan pekerjaan yang merupakan bagian dari tanggung jawab mereka.

Pelupa sering dikaitkan karena kurangnya stimulasi terhadap kemampuan konsentrasi. Sedari kecil biarkan anak untuk bergerak, misaknya dengan bermain kotor-kotoran di halaman, bersepeda atau berenang. Intinya perbanyak melakukan aktifitas di luar rumah.

Satu hal lagi, kurangnya konsumsi air putih juga menyulitkan anak untuk mempertahanakan perhatian (konsentrasi). Sehingga kita harus memastikan anak-anak cukup mendapatkan asupan air.

0 komentar:

Posting Komentar